INSPIRASI untuk MASA DEPAN

Posted by novasorangindonesia | Posted in


Tahun 2009 tinggal kenangan. Tahun 2010 membentang dengan berbagai macam tantangan di depan mata. Kadang rasa letih, lelah dan stuck menjadi penghambat untuk bergerak, berkreasi dan memberi arti. Kadang saat - saat seperti itulah kita membutuhkan apa yang disebut INSPIRASI. Sebenarnya apa sih arti kata inspirasi yang begitu menggoda tersebut????

Inspirasi itu adalah:

1. Pushing your self to the limit.
2. Crossing the ordinary border lines.

Ketika inspirasi itu tumbuh maka semangat pun perlahan dengan perlahan akan tumbuh pula. Akan tetapi, yang menghambat tumbuhnya inspirasi adalah kata - kata GAGAL.
Oleh karena tu Saya memulainya dengan mengelaborasi konsep "gagal". Saya perlu mendeskripsikan ulang konsep gagal dengan kacamata yang berbeda. Berikut ini adalah deskripsinya.

Gagal dan tidak gagal, sebenarnya ditentukan oleh cara pandang kita terhadap dua hal berikut ini:

1. Tingkat awareness kita tentang time boundary.
2. Tingkat keinginan kita terkait dengan target dan cita-cita.

Dengan kata lain, gagal atau tidak gagal itu bisa dilihat dari dua fenomena ini:

1. Seberapa yakin kita bisa mematok batas waktu dengan tegas: Time awareness.
2. Seberapa besarnya keinginan kita tentang sesuatu yang ingin kita capai: The power of will.

Jika dibuatkan matriks, gambarannya menjadi kurang lebih begini.

------------ --------- --------- --------- -----
Ingin\Waktu. ..|....Aware. ..|..Tidak Aware..|
------------ --------- --------- --------- -----
Ingin....... .......|. .Feedback. .|..Plan To Fail.|
------------ --------- --------- --------- -----
Tidak Ingin.....|. Not Exist..|...Ignoranc e...|
------------ --------- --------- --------- -----

Artinya:

1. Jika kita ingin dan aware tentang waktu, maka ketidakberhasilan adalah umpan balik agar kita melakukannya lagi dengan cara yang lain. Ini namanya "pembelajaran". Terus begitu time to time, di dalam time frame, sampai akhirnya time's up.

2. Jika kita ingin tapi tidak aware tentang waktu, kita dianggap merencanakan kegagalan. Fail to plan, means plan to fail. Planning tidak pernah terpisah dari time schedule.

3. Jika kita tidak ingin dan aware tentang waktu, itu artinya bukan cita-cita kita, dan kita sedang berfokus pada cita-cita yang lain. It is just not what we want.

4. Jika kita tidak ingin dan tidak aware tentang waktu, maka kita sedang mengabaikan berbagai peluang dan sedang menyia-nyiakan sumber daya. Sumber daya terbaik dan paling langka adalah waktu.


Pilihan saya tinggal satu. Saya ingin menjadi pembelajar, yang melihat dan menyikapi segala bentuk kekurangberhasilan sebagai umpan balik. Saya ingin tumbuh dan menjadi lebih kuat. Saya hanya ingin berhenti ketika garis finish memang telah tercapai. Saya tak ingin berhenti kecuali sampai waktunya. Pilihan saya adalah poin ke satu.

Bagaimana dengan anda????

-sumber-
http://www.motivasi -komunikasi- leadership. co.cc

Comments (0)